Teknik penyemprotan hama wereng batang coklat

Teknik penyemprotan hama wereng batang coklat

Ada beberapa cara atau teknik yag bisa dilakukan untuk mengendalikan hama wereng, yang tepat sasaran. Karena kita ketahui bahwa saat ini banyak sekali cara pengendalian yang kurang tepat. Baiklah kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara tepat penyemprotan hama wereng sehingga nantinya tidak terjadi mubajir.

  1. Teknik pemilihan Peptisida harulah tepat sasaran. Penggunaan peptisida yang salah atau tidak tepat sasaran malah akan mempersulit atau malah meningkatkan serangan hama wereng dipertanaman  dan juga terjadi pemborosan uang serta tenaga kerja. Penggunaan peptisida perlu di kombinasikan antara peptisida dengan system kerja kontak dan sistemik. Kombinasi ini menyebabkan kerja yang maksimal untuk membunuh hama wereng baik usia muda ataupun wereng dewasa. Contoh peptisida dengan system kerja sistemik yaitu : oshin, plenum, OBR, dan cronus sedangkan yang mempunyai system kontak anntara lain aplaud dan darmabas/ poksindo (peptisida ini untuk serangan wereng yang sangat lemah)
  1. Pada tanaman tertentu seperti padi yang tidak menggunakan system legowo di haruskan dilakukan penyingkapan, hal ini bertuan untuk memberikan jalan apabila dilakukan penyemprotan dan memberikan ruang untuk nozel sprayer.
  2. Penyemprotan harus dilakukan merata ke semua tanaman, dosis rendah atau tinggi harus semuanya terkena pada tanaman.
  3. Gunakan nozel sprayer yag berbentuk kabut atau halus, jangan menggunaakan nozel sprayer mancur. Hal ini akan membuat sebaran racun wereng tidak merata, dengan menggunakan nozel sprayer yang berkabut akan jauh lebih optimal untuk membasmi hama wereng.
  4. Biasaya hama wereng berada dan menyerang pada pangkal tanaman, sehingga usahakan untuk melakukan penyemprotan pada agkal bukan daun.
  5. Untuk satu area atau hamparan usahakan untuk melakukan penyemprotan dalam satu waktu atau secara berama-sama, hal ini mengantisipasi agar hama wereng tidak sampai berpindah dari tempat satu ke tempat lainnya dan memutus siklus hidupnya.

Kesimpulan !

Hama wereng merupakan hama yang sangat mengganggu para petani karena hama ini secara ekonomi dapat menurunkan produktifitas salah satunya bagi para petani padi. Sehingga perlu tindakan yang serius dalam menangani hama ini, salah satunya yaitu dengan melakukan penyemprotan. Namun perlu di ingat bahwa gunakanlah bahan-bahan yang sesuai tepat sasaran dalam pembaswi hama wereng ini.

Sumber: jokowarindo.id

Kantak Informasi

Laboratorium Pengamatan Hama & Penyakit Tanaman Banyumas
Kompleks UPP Tajum Tinggarjaya Jatilawang Banyumas
Telp. (0281) 6848498
Email. info@labphpbanyumas.com